Rabu, 18 Mei 2016

11 Band Rock Paling Berpengaruh di Indonesia

Yeay berikut 11 Band Rock paling berpengaruh di Indonesia menurut ane nih.


1. Koes Plus
15 Band Rock Indonesia Paling Berpengaruh [ Hot Info ]


Sejujurnya, akan sangat amat banyak yang harus dituliskan atas kontribusi band ini untuk industri musik rock Indonesia. Bahkan, mungkin mereka sudah selayaknya disejajarkan dengan para legenda musik dunia lainnya. Pengorbanan mereka tidak main-main, mereka pernah masuk penjara karena dianggap menyebarkan musik barat, yang di era Orde Lama sempat dilarang.

Band ini sendiri berawal sejak tahun 1969, lebih tepatnya lagi sebagai kelanjutan dari kelompokKoes Bersaudara. Yap, dulunya Koes Plus diisi oleh lima bersaudara, namanya tentu saja masih Koes Bersaudara, yaitu John Koeswoyo (Bass Betot), Tonny Koeswoyo (Gitar), Yon Koeswoyo (Vokal, Rhythm Guitar), Yok Koeswoyo (Vokal/Bas Gitar) dan Nomo Koeswoyo (Drum).

Koes Plus dan Koes Bersaudara pastinya tercatat sebagai pelopor musik populer di Indonesia. Sulit dibayangkan sejarah musik Indonesia tanpa kehadiran Koes Bersaudara dan Koes Plus.

Formasi terbaik Koes Plus mungkin ada ketika era Oom Tonny Koeswoyo, Oom Yon Koeswoyo, Oom Yok Koeswoyo dan Oom Murry, yang bertahan sejak tahun 1969 hingga 1987. Sampai saat ini Koes Plus memang masih bertahan, dengan personil asli yang menyisakan Oom Yon Koeswoyo saja.

Yap, tentu saja aura rock n roll yang kerap mereka bawakan pantas juga membuatnya tampil sebagai band rock paling berpengaruh di Indonesia.


2. God Bless
15 Band Rock Indonesia Paling Berpengaruh [ Hot Info ]


Mereka adalah legenda hidup musik rock Indonesia, yang personilnya masih eksis hingga saat ini. Berdirinya God Bless berawal dengan kembalinya Oom Ahmad Albar kembali ke Tanah Air setelah beberapa tahun tinggal di Belanda, dan doi langsung pengen bikin band!

Band ini sendiri telah melewati berbagai era, mulai dari 70-an, 80-an, 90-an, hingga sekarang! Catatan album mereka beberapa diantaranya adalah God Bless(1975), Cermin (1980), Semut Hitam (1988), Raksasa (1989),Apa Kabar (1997), 36th (2007).

Saat ini, formasi terkahir God Bless diisi oleh Ahmad Albar (vokal), Ian Antono (gitar), Donny Fattah(bass), Yaya Moektio (drum) dan Abadi Soesman (kibor).


3. The Tielman Brothers
15 Band Rock Indonesia Paling Berpengaruh [ Hot Info ]


Kalau band yang satu ini, duh jadul abis, tapi tetep keren abis! Pasalnya, mereka bisa dibilang punya aliran rock sendiri, atau mungkin bisa juga dibilang menciptakan aliran musik sendiri.

Soalnya, The Tielman Brothers bisa dibilang sebagai band tertua asal Indonesia. Mereka sekumpulan saudara sedarah dari keturuan Herman Tielman asal Kupang dan Flora Lorine Hess.

Uniknya, mereka memulai rekaman dan berkarier di Belanda, tepatnya ketika keluarga Tielman pada tahun 1957 hijrah dan menetap di Breda, Belanda. Nama The Tielman Brothers lebih dikenal di Eropa, terutama Belanda.

Bule-bule Belanda biasa menyebut musik mereka Indorock, sebuah perpaduan antara musik Indonesia dan Barat,dan memiliki akar di Keroncong.

The Tielman Brothers merupakan band Belanda-Indonesia pertama yang berhasil masuk internasional pada 1950-an. Mereka adalah salah satu perintis rock n roll di Belanda. Band ini cukup terkenal di Eropa, jauh sebelum The Beatles dan The Rolling Stones. Mantap,kan?


4. Roxx
15 Band Rock Indonesia Paling Berpengaruh [ Hot Info ]


Nah, ini dia salah satu band rock cadas yang banyak menginspirasi band-band saat ini. Nggak heran sih kalau banyak anak band yang nge-fans abis sama band yang sudah berdiri sejak tahun 1987 ini, abisnya musik mereka emang asik sih.

Bahkan, Arian13 yang juga dikenal sebagai vokalis Seringai juga nggak sungkan untuk memuji Roxx sebagai salah satu band lokal yang jadi inspirasinya dalam nge-band. Roxx sendiri tahun 2013 lalu baru aja ngerilis album terakhirnya, yang berjudul Jauh Dari Tuhan.



5. Slank
15 Band Rock Indonesia Paling Berpengaruh [ Hot Info ]

Masih perlu dijelasi lagi nggak sih soal kontribusi band ini untuk musik rock Indonesia? Ada yangb elum kenal Slank? Haduh, mendingan kita langsung nyanyi bareng lagu Slank aja gimana?
Mau dari album apa?
Nih, deh, didaftarin, Suit... Suit...He... He... (Gadis Sexy) (1990), Kampungan (1991), Piss! (1993), Generasi Biru (1995), Minoritas(1996), Lagi Sedih (1996), Tujuh(1997), Mata Hati Reformasi (1998), 999+09 (biru) (1999),999+09 (abu-abu) (1999), De Best Nya Slank (2000), Ngangkang (2001), Virus (2001), Satu Satu (2003), Road To Peace (2004), PLUR (2004), Reborn Repuplic Slank (2005), Slankkissme (2006), Slankograpy(2006), Slow But Sure (2007), The Big Hip (2008), Anthem For The Broken Hearted (Versi Eropa)(2008), Anthem For The Broken Hearted (2009), Jurus Tandur No.18 (2010), I Slank U (2012) atau Slank Nggak Ada Matinya (2013) ?
Gokil kan, banyak banget?


6. RIF
15 Band Rock Indonesia Paling Berpengaruh [ Hot Info ]

Band asal Bandung ini patut mendapat apresiasi lebih karena sampai detik ini mereka masih sangat aktif naik turun panggung ke berbagai daerah di Indonesia.Mereka merilis album pertama yang berjudul Radja di tahun1997 dan melejitkan hits berjudul sama.

Saat ini /RIF diperkuat oleh Andy(vokal), Tedy (bass), Jikun (gitar),Magi (drum), dan Ovy (gitar).Sampai detik ini, mereka telah merilis Radja (1997), Salami (1998), Nikmati Aja (2000), ... Dan Duniapun Tersenyum (2002), The Best Of (2004), Pil Malu (2006), 7 (2010) dan 18 Years of Rock(2013).

Aksi panggung mereka yang asik abis, masih cocok kayaknya kalau manggung di atas panggung pensi lho. Ada yang punya nyali ngajak band ini tampil di acara sekolah kalian?


7. Boomerang
15 Band Rock Indonesia Paling Berpengaruh [ Hot Info ]

Nggak lengkap kayaknya kalau membahas band-band rock Indonesia tanpa menyebut nama band yang satu ini. Berasal dari Surabaya, band ini mulai dikenal ketika terpilih sebagai 10 band terbaik Festival Rock Se-Indonesia ke 7 versi Log Zhelebour pada tahun 1993,

Mereka juga berhak mendapat kesempatan untuk merekam single pertama mereka "No More"dalam album 10 finalis Festival Rock ke 7 Log Zhelebour. Masa kejayaan Boomerang sendiri ada di periode tahun 90 hingga awal 2000-an ketika masih diperkuat oleh formasi terbaik mereka, yaitu Hubert Henry Limahelu alias 'HH5H' (Bas), John Paul Ivan alias'JPI' (gitar), Roy Jeconiah Isoka Wurangian (vokal) dan Petrus"Pet" Augusti (drum).

9. PAS Band
15 Band Rock Indonesia Paling Berpengaruh [ Hot Info ]

Band ini disebut-sebut sebagai salah satu penggerak band-band Indie untuk bisa tembus ke major label. Perjuangan PAS band telah dimulai sejak tahun 1990. Formasi terakhir, Pas Band digawangi oleh Yukie (vokal), Trisno (bass),Bengbeng (gitar), dan Sandy(drum).

Pengaruh PAS Band sangt besar untuk generasi di akhir 90 hingga 200-an. Ada satu lagu PAS Band yang sering banget dibawain saat tampil oleh band-band festival musik rock atau sekedar di cover band SMA, yaitu lagu berjudul Jengah. Apa kalian pernah cover lagu itu? Hehehe....

Sampai hari ini, PAS Band telah merilis Four Through The Sap (1993), In (No) Sensation (1995), indieVduality (1997), Psycho I.D(1998), Ketika (2001), PAS 2.0(2003), Stairway to Seventh (2004), The BeAst of PAS (2006),dan Romantic...Lies...and Bleeding (2008).

9. Koil
15 Band Rock Indonesia Paling Berpengaruh [ Hot Info ]

Mereka adalah salah satu unik rock nyentrik yang dimiliki oleh Indonesia. Lahir dari tahun 1993,band yang saat ini diperkuat olehJ. A. Verdijantoro (Vokal), Donnijantoro (Gitar), Leon Ray Legoh (Drum), dan Adam Vladvamp (Bas), masih mampu bertahan hingga sekarang dan katanya sedang mempersiapkan album terbaru.

Kenapa band asal bandung ini bisa dibilang nyentrik? Nggakjauh-jauh, sih, karena kelakuan dan tingkah unik para personilnya. Tahun 2011 lalu, HAI melakukan polling ke pada pembaca HAI perihal band apa sih yang mending bubar, karena sudah nggak oke dan jarang rilis album, tanpa disangka, Koil malah jadi pemenan polling. Saat HAI konfirmasi perihal hasil polling HAI, sang vokalis Koil malah nyengir-nyengir aja tuh senang-seneng aja, tuh.

Sebuah tugas yang sulit untuk mendeskripsikan musik yang dibawakan oleh Koil. Tapi, kalau merunut dari berbagai sumber,jika mnyebut mereka sebagai unit Industrial Rock gimana? Setuju? Nggak?

10. THE SIGIT
15 Band Rock Indonesia Paling Berpengaruh [ Hot Info ]

Adalah Rektivianto Yoewono(Vokal/Gitar), Farri Icksan Wibisana (Gitar), Aditya Bagja Mulyana (Bas) dan Donar Armando Ekana alias Acil (Drum),empat anak muda yang bersahat sejak tahun 1994 yang memprakarsai berdirinya sebuah band bernama The Super Insurgent Group of Intemperance Talent atau yang biasa disebut THE SIGIT.

Musik rock yang dibawakan olehTHE SIGIT akan mengingatkan kita akan The Datsun. Mereka pernah membawa nama Indonesia lewat tur mereka di Australia dan Amerika Serikat, band ini layak diharapkan sebagai penyelamat rock n roll asal Indonesia. Setuju,dong?

11. Seringai
15 Band Rock Indonesia Paling Berpengaruh [ Hot Info ]

Bagi yang nggak percaya kehidupan kembali setelah mati atau reinkarnasi, mungkin kehadiran Seringai bisa jadi bukti.Bahwa, satu band rock yang mati,akan berganti dengan 1000 band rock yang patut diwasapadai.

Yap, memasuki era awal 2000-an,geliat musik rock Indonesia memang agak sedikit melemah, karena katanya sih, Industri musik nggak berpihak dengan musik bising penuh distrosi. Tapi, band yang digawangi oleh Arian13( Vokal), Ricky (Gitar),Sammy (Bas), dan Khemod (Drum), ini nggak mau peduli.

Mereka malah mendirikan Seringai di tahun 2012, dan secara perlahan namun pasti mulai menginvasi telinga orang-orang di Indonesia akan musik yang mereka sebut sebagai rock oktan tinggi.

Saat ini, Seringai hampir selalu menjadi headliners di acara-acara musik, mulai dari Pensi sampai festival musik rock bergengsi,semuanya mereka sambangi.Sampai saat ini tercatat Seringai telah mempunyai tiga buah rilisan,dua buah full album, dan satu EP,yaitu High Octane Rock EP (2004), Serigala Militia (2007), dan terakhir Taring (2012).

Itulah 11 band rock paling berpengaruh di Indonesia menurut ane, kalo menurut kalian gmn ? silahkan di corat coret di komen hihi


















1 komentar: